Instalasi Listrik Bangunan Sederhana



Apa yang dimaksud Instalasi Listrik Bangunan Itu?


Instalasi listrik adalah suatu perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan- peralatan yang membutuhkan tenaga listrik. Jadi, instalasi listrik itu sendiri memang penting dilakukan, terupata untuk konstruksi bangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Sumber listrik yang yang bisa diberikan untuk pemasangan listrik pada suatu bangunan konstruksi itu sendiridapat berasal dari genset, dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) atau apapun  yang bisa menghasilkan tenaga listrik lainnya. Misalnya seperti misalnya batere, solar cell dan sebagainya.

Sementara itu, peralatan yang membutuhkan tenaga listrik pun seperti yang Anda tahu. itu pun  sangat banyak. Hal itu dapat dimulai dari peralatan di rumah tangga, di kantor, di industri, di kendaraan dan lain sebagainya.

Ragam beban beban listrik itu sendiri secara sifatnya hanya dibagi menjadi 3 macam, di antaranya:

  • Beban Resistif (misalnya seterika, solder, lampu pijar,  dan sebagainya).
  • Beban Induktif (misalnya kipas angin, mesin bor, lampu TL dan sebagainya).
  • Beban Kapasitif (misalnya Kapasitor)

Rancangan Instalasi Listrik Bangunan


Dalam merancang atau menggambar instalasi listrik pada bangunan itu sendiri dibutuhkan penerangan dan tenaga. Selain itu, hal ini juga perlu diperhatikan melalui analisa data perhitungan teknis mengenai susut tegangan, beban terpasang dan kebutuhan beban maksimum, arus hubung singkat dan daya hubung singkat pada proses pemasangannya.

Di sisi lainnya, masih perlu juga untuk melengkapi daftar kebutuhan bahan instalasi beserta uraian teknis sebagai pelengkap yang meliputi penjelasan tentang cara pemasangan peralatan atau bahan. Cara  pengujiannya pun perlu dibarengi dengan rencana waktu pelaksanaan, rencana anggaran biaya, bserta lama waktu pengerjaan yang dibutuhkan.

Dalam pembangunan berbagai jenis gedung gedung baik untuk rumah tinggal, kantor, sekolahan


yang dilengkapi sarana pendukung listrik perlu dilakukan. Hal ini dilakukan supaya bangunan  agar dapat berfungsi dan dihuni dengan baik. Selain itu dapat memberikan kenyamanan dan dapat memenuhi keselamatan.

Instalansi listrik bangunan ini dalam perancangannya memerlukan perencanaan lewat gambar instalasi listrik yang cermat dengan mengacu pada aturan-aturan yang ditetapkan dalam dunia teknik listrik.


JIKA KALIAN TERTARIK DENGAN DUNIA TEKNIK 

KHUSUSNYA DENGAN TENAGA LISTRIK

MARI BERGABUNG DENGAN KAMI DI SMK DON BOSCO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar